Welcome

7 Fakta Menarik Tentang Isuzu Panther

Kamu pasti sudah sering mendengar berbagai jenis mobil buatan Isuzu. Terlebih tentang Isuzu Panther yang sudah cukup lama mendominasi dan hadir di pasaran mobil Indonesia. Isuzu Panther ini pun dapat ditemukan di seluruh dealer Isuzu yang ada di Indonesia. Termasuk di dealer Isuzu Surabaya.

Namun tahukah kamu? Bahwa selain menjadi mobil buatan Isuzu yang cukup lama ( bahkan bisa dibilang generasi lawas dari produk Isuzu ), Isuzu Panther juga menyimpan cukup banyak fakta yang menarik perhatian. Penasaran? Yuk, simak 7 fakta menarik tentang Isuzu Panther berikut ini.

19 Tahun Tidak Berganti Model

Isuzu Panther adalah salah satu MPV buatan Isuzu yang sangat fenomenal dan terkenal sejak tahun 1991. Bahkan di Indonesia sendiri mobil ini memiliki julukan khusus dan dikenal dengan nama “Rajanya Diesel”. Ini menandakan bahwa mobil Isuzu Panther termasuk jajaran mobil terkenal di Tanah Air.

Namun tahukah kamu sejak tahun 2000 mobil Isuzu Panther tidak mengalami perubahan model yang cukup signifikan. Tidak adanya perubahan model ini terjadi tepatnya semenjak dirilis mobil Isuzu Panther pada generasi kedua. Tapi tak perlu khawatir. Walaupun tidak ada perubahan yang cukup signifikan dari segi modelnya, namun mobil Isuzu jenis ini tetap mengalami beberapa perubahan ringan yang tentu cukup membantu perkembangan Isuzu Panther.

Penjualannya Meredup

Walaupun telah berhasil bertahan di pasaran mobil selama kurang lebih 28 tahun sampai saat ini, namun tak bisa dipungkiri penjualan mobil Isuzu Panther terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2018 silam, penjualan mobil Isuzu Panther selama setahun tidak dapat melewati penjualan Toyota Kijang dalam waktu satu bulan.

Salah satu alasan dari menurunnya penjualan Isuzu Panther ini, dikarenakan popularitas Isuzu Panther sudah mulai tergantikan dengan Wuling Cortez, sebuah mobil jenis MVP yang berada dari Tiongkok. Padahal jika dibandingkan Wuling Cortez, Isuzu Panther sudah jauh lebih lama melegenda di tanah air.

Belum Menggunakan Mesin Diesel Jenis Common rail

Meskipun Isuzu Panther generasi saat ini, telah mengusung mesin diesel berkode 4 JA1L 4 Silinder Direct Injection Turbo, namun nyatanya mesin ini masih berstandar emisi Euro 2 dan belum menggunakan jenis mesin diesel common rail. Padahal mesin yang digunakan ini, sudah mampu menghasilkan tenaga sebesar 86 dk dan torsi maksimum 191 Nm.

Belum Memiliki Rencana Untuk Berganti Model

Seperti halnya yang sudah dibahas sebelumnya, mobil Isuzu Panther telah mengalami penurunan dari segi penjualan dari tahun ke tahun. Namun sampai saat ini, pihak Isuzu belum ada rencana untuk berganti model. Padahal seperti yang sudah dijelaskan pula, bahwa mobil Isuzu Panther sudah tidak berganti model sejak tahun 2000.

Isuzu Panther Mempunyai Jenis Pick Up

Selain sebagai mobil keluarga ( angkutan untuk manusia ), tahukah kamu? Jika Isuzu Panther juga memiliki jenis yang biasa disebut dengan mobil pick up. Walaupun berbeda jenis, namun ketangguhan dari Isuzu Panther jenis pick up ini tidak perlu diragukan lagi. Hal ini disebabkan mobil pick up Isuzu Panther sangat cocok digunakan sebagai mobil pekerja. Terlebih harga pick up Isuzu Panther ini cukup terjangkau. Bahkan harga Isuzu Panther paling murah dapat dibeli dengan harga kurang lebih 182 juta rupiah.

Produksi di Filipina Sudah Diberhentikan

Selain di Indonesia Isuzu Panther juga pernah mendulang kesuksesan di negara tetangga, tepatnya di Filipina. Tentunya mobil Isuzu Panther di Filipina ini menggunakan sistem setir kiri. Namun sayangnya Isuzu Panther atau yang di Filipina diberi nama Isuzu Crosswind ini, harus diberhentikan produksinya setelah eksis di pasaran mobil Filipina, selama kurang lebih 16 tahun. Hal ini disebabkan Isuzu Crosswind tidak lulus pada uji emisi.

Memiliki Kembaran

Sebelum diberhentikan produksinya pada tahun 2007, Isuzu Panther memiliki kembaran. Sebenarnya mobil ini bukan kembaran Isuzu Panther, melainkan rebadge dari Isuzu Panther dengan logo Chevrolet. Bahkan tidak hanya di Indonesia. Isuzu Panther ini, juga di rebadge di negara-negara kawasan ASEAN dan India. Bahkan di India, mobil Isuzu Panther dengan logo Chevrolet ini sangat laris manis di pasaran.