Welcome

Data HK 11 Ciri-Ciri Depresi yang Wajib Diketahui

Data HK – Pernah mendengar istilah depresi? Depresi merupakan gangguan dimana suasana hati mengalami titik krisis yang serius. Namun perlu digaris bawahi orang yang mengalami depresi bukanlah orang yang kurang beribadah kepada Tuhan, ataupun orang yang kurang bersyukur. Gangguan depresi sangat berpengaruh kepada kehidupannya baik dalam perbuatan ataupun pola pikir. Ciri-ciri depresi baik secara psikologis dan fisik antara lain sebagai berikut

Selalu merasa dirinya sumber masalah.

Orang yang mengalami gangguan depresi ringan ataupun berat akan merasa salah pada setiap tindakannya. Dia akan merasa bahwa masalah yang ada disekitarnya adalah kesalahannya.

Merasa Rendah Diri dan Tidak Berharga

Ciri ini tidak terlihat pada fisiknya tapi psikisnya. Mereka akan menganggap bahwa dirinya tidak berharga untuk melanjutkan suatu kegiatan. Menutup diri karena sifat rendah diri yang selalu meliputi suasana hati dan pola pikirnya.

Khawatir Secara Berlebih

Ada satu tanda seseorang mengalami depresi, yaitu ketika dia memiliki rasa khawatir yang berlebihan. Perasaan ini akan memicu rasa cemas sehingga tidak nyaman pada setiap kondisi.

Sangat Sensitif

Orang yang sedang dalam keadaan depresi perasaannya akan sangat sensitif sekali. Ada yang mudah marah, menangis bahkan cenderung tidak mau untuk diganggu oleh orang lain meski keluarga sendiri.

Tidak Memiliki Ketertarikan Dalam Hidup

Normalnya seseorang akan merasa tertarik, atau antusias dalam beberapa kehidupannya. Namun, tidak bagi orang yang mengalami depresi. Mereka merasa bahwa apa yang dilakukan akan sia-sia sehingga semangat itu hilang begitu saja.

Sulit Berkonsentrasi

Suasana hati yang buruk akan membuat seseorang akan kehilangan fokus. Mereka akan kesulitan berkonsentrasi dalam kegiatan sehari-hari. Baik dalam di kantor, di keluarga, dan lain sebagainya. Kesulitan berkonsentrasi ini dapat menjadi penghambat pekerjaan.

Muncul Pemikiran untuk Bunuh Diri Atau Menyakiti Diri Sendiri

Kondisi kritis yang dialami oleh orang yang depresi adalah munculnya pemikiran untuk melukai fisik atau tubuh, bahkan mereka tidak segan untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri.

Rasa Pusing yang Tak Kunjung Sembuh

Ketika seseorang merasa dalam masalah pasti akan mengalami sakit kepala atau pusing. Pada orang depresi rasa pusing sering sekali terjadi dan tidak jelas sebabnya.

Insomnia

Kesulitan mendapatkan waktu yang tepat untuk memejamkan mata. Perasaan dan pikiran data hk menjadi kacau balau. Mereka akan terus mengalami insomnia yang berkepanjangan sampai suasana hati cukup tenang.

Berubahnya Berat Badan

Setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri dalam menyikapi suatu masalah. Ada yang saat depresi kehilangan nafsu makan sehingga badan terlihat semakin kurus. Namun, ada juga yang sebaliknya. Mereka sangat bernafsu sekali dalam hal makanan. Jika suasana hati memburuk mereka melampiaskan untuk makan sesuatu yang bisa membuat hati kembali nyaman.

Cepat Mudah Lelah

Kesulitan berkonsentrasi pada orang yang mengalami depresi akan menyebabkan fisik mereka menjadi cepat mudah lelah dan tidak bertenaga.

Bagaimana jika ada seseorang yang sangat dekat dengan kita mengalami gangguan depresi? Langkah apa yang harus diambil dengan tepat untuk menghadapi mereka? Ini langkah yang harus kamu ambil ketika menghadapi mereka yang sedang depresi.

Jangan Hakimi Mereka

Orang yang mengalami depresi bukanlah orang yang tidak bisa bersyukur atas nikmat yang Tuhan beri. Mereka tidak bisa keluar tau bahkan merasa apa yang mereka lakukan selalu salah. Biasanya ada faktor atau seseorang yang membuat dia selalu berpikir demikian. Kamu cukup menyemangatinya dan jangan sekali-kali menghakiminya.

Jadilah Tempatnya Bercerita

Kebanyakan orang yang depresi sangat membutuhkan tempat berbagi keluh kesah yang dimiliki. Mereka takut jika menceritakan apa yang dialami akan menimbulkan masalah untuk orang lain. Coba untuk membuatnya percaya bahwa kamu orang yang tepat untuk diajaknya berbincang. Jangan lupa untuk selalu menjaga rahasia.

Berikan Semangat

Cobalah untuk memberi mereka semangat untuk meneruskan kehidupan yang lebih baik, yakinkan mereka bahwa masalah yang dihadapi pasti memiliki jalan keluar.

Ajak Ke Psikiater

Seseorang yang depresi baik ringan ataupun berat tetap harus mendapatkan pertolongan. Coba bujuk mereka dengan halus untuk pergi ke psikiater terdekat. Hal tersebut tentu sangat berguna dan menolong mereka.

Jika kamu mengalami ciri-ciri depresi seperti diatas dalam jangka waktu dua minggu lebih, bisa jadi kamu sedang mengalami suasana hati yang sangat kacau.